Monster itu Diriku

pilanthropus
4 min readJun 5, 2023

--

*gulp*

Kembali bercerita di sini dengan kondisi stressorku yang sedang mampir.

Kenalin, aku orang yang suka berbuat baik! Aku memperhatikan diriku sebagai orang yang mau mengerti orang lain. Namun, Ketika diminta mengerti diriku sendiri, aku masih berproses ngelakuin hal itu.

Monster. Ku definisikan Ketika aku tidak bisa ngapa-ngapain, cape banget, pada saat ada berbagai tuntutan, harapan, dan target yang ada. Ciri utamanya aku tidur seharian penuh, tapi ga semangat pas bangun.

Monster ini sifatnya, seperti manajer pembunuh. Dia ga segan membuatku merasa aku Adalah orang yang paling buruk. Aku layak untuk mendapat 1000x tamparan, 100x tinjuan, dan tertusuk tepat di jantung. Bruh.

Semakin lama aku menyadari ada pola ga bener pada saat aku lagi sibuk-sibuknya.. aku mencoba untuk menangani hal tersebut dengan:

Apresiasi dan Apresiasi

Aku mengerjakan sesuatu dengan tujuan meraih harapan aja udah aku apresiasi, entah hasilnya gimana tapi aku apresiasi usahaku. Jujur aja berpikir menyelesaikan masalah secara efisien tuh ga mudah kalo lagi cape. Di sisi lain, aku inginnya tetap meraih target-target yang udah aku coba proyeksikan di awal dengan SWOT dan berbagai macam strategi. Namun, siapa sangka di tengah jalannya rencana, yang ku sangka telah sebagus itu, terdapat hal-hal tak terduga yang tidak ku masukkan di awal perencanaan >:(

Monster itu bakal nagih dan bilang “Ga bisa ya? Pokoknya harus bisa! Ga peduli kondisi Anda bagaimana!”. Sisi spritualku bilang, “Stay Halal Sister”. Sisi fisikku bilang, “Yuk tidur! percuma kan ngerjain buang-buang waktu kalo ga focus.” Sisi logikaku bilang, “Perlu plan baru sih, ikatin waktu n kondisimu sekarang dan tenggat targetnya perlu diubah. Pelan-pelan aja gapapa. Kamu lebih penting daripada targetmu! Istirahat yang cukup.” Sisi lembutku bilang, “Serius kamu mau ngecewain dia?! aku tau kamu sendiri kecewa sama diri kamu tapi kamu seriusan beneran nih mau ngecewain rekanmu?”

Ya padahal tinggal kasih tau rancangan plan baru ke rekanku dan saling ngerti sih.. Komunikasi sih.. kayak kalo lu gamau ngerti gue, kita bisa cari orang lain yang bisa ngerjain.. kok gitu aja ribet?

Kali ini, tugas-tugas tersebut sayangnya tidak dapat didelegasikan sehingga aku mau ga mau perlu mencari plan B biar bisa menjalaninya dengan bahagia. Aku lakuin itu dengan apresiasi usahaku ngelakuin sebaik yang aku bisa (menurunkan tingkat apresiasi dari yang harus tercapai dengan baik menjadi harus terjalan).

Bersyukur

Kalo yang poin sebelumnya lebih ke apresiasi diri sendiri, kalo poin ini lebih ke antusias menerima takdir.

Aku yakin temanku akan bilang aku aneh kalo mereka liat ini, tapi menurutku ini adalah bentuk self-esteem ku..

“Yeyy, alhamdulillah jadi tau rasanya kayak gini.. Makasih banyak ya Allah! Aku jadi tau diri aku ga suka hal ini dan aku akan jadikan ini sebagai motivasi ketakutan untuk hal invers dari hal ini”

kayak yeyy untuk nilai 50.. yey untuk plan yang gagal.. karena adanya kegagalan ngebuat aku jadi tau gimana caranya gagal dan ga akan ngelakuin hal yang sama untuk kegagalan itu.

Balikin Semuanya ke Tuhan

Pernah dengar lah pasti, pernah baca arti surat Al Fatihah kan.. kalo engga ya gapapa sih berarti kita ga sedekat itu di mata Tuhan

Aku membiasakan diri untuk cerita/marah-marah/jadi diriku sejadi-jadinya hanya di hadapan Allah dan ini ngebuatku lebih lega dan yakin semuanya akan baik-baik saja karena dekat dengan pemilik semua yang terjadi.

vibes anak kecil 1: awas lu ngebuat gue sedih, kecewain gue.. nanti gue aduin lu ke Allah yeu (ancang-ancang perang)

vibes anak kecil 2: iii ini nih ya Allah! fia nya katanya gapapa.. tapi kok air matanya keluar abis baca whatsapp?!

Cerita ke teman? sahabat? keluarga? Ya bisa sih.. tapi aku ga suka aja nanti pas ketemuan mereka bahasannya itu lagi itu lagi, tau ga kayak diasumsikan kamu tuh begini begitu karena ucapan dan tindakanmu. Sementara itu, cerita yang bikin stress biasanya hanya overthinking belaka. Jadi ya aku lebih suka membawa Kabar Gembira atau netral ke orang Sekitar. Kalo yang berat-berat, aku ke yang pro kehidupan dong Allah :3

“Ya Allah, udah cukup aku gamau ngurusin ini lagi, kamu aja deh yang bantuin.. pokoknya kalo gada pertolongan kamu aku mah ga bisa TT” <- Ketika udah hampir putus asa karena tidak melihat kemungkinan berhasil pada waktu yang sempit, ya pada akhirnya alhamdulillah lancar-lancar aja programnya.

tutupan

Pada akhirnya, yang menentukan suatu kondisi Adalah perspektif. Aku Adalah salah satu orang yang ingin mempunyai perspektif Bahagia pada tiap chapter kehidupanku. Chapter kali ini, tokoh utamanya aku dan antagonisnya aku juga. Aku yakin kedua tokoh dari chapter ini sama-sama ingin yang terbaik untukku. Aku akan berusaha mengerti dan di akhir chapter aku berhasil menyatukannya untuk kebahagiaan. Aku menjaga diriku tetap sehat, baik, dan semua kemuliaan yang bisa aku lakuin.

Chapter ini ku beri nama: The killer monster is the strongest armor.

--

--